Rabu, 24 Desember 2008

OpenOffice 3.0 Berjanji Kalahkan Microsoft Office

OpenOffice 3.0 Berjanji Kalahkan Microsoft Office

Written on Monday, 1 December, 2008 – 5:03 am | by black-cover

Sebentar lagi paket aplikasi Microsoft Office akan kedatangan pesaing berat untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir, saat Lotus mengibarkan bendera putih dalam persaingannya dengan Microsoft. PCWorld memberitakan bahwa para pengembang yang berusaha merilis OpenOffice.org (OOO) 2.4 secepatnya telah memberikan sedikit bocoran tentang fitur - fitur utama baru yang penting di versi 3.0 yang akan datang.

Aplikasi Writer di OOO 3.0 telah mengalami banyak perubahan untuk bersaing dengan Microsoft Word. Aplikasi ini kini telah dapat menampilkan beberapa halaman sekaligus, memungkinkan pemakai untuk menambahkan catatan di pinggiran halaman seperti Word.

Calc (spreadsheet) juga mendapatkan sejumlah besar perubahan untuk meningkatkan kemudahan pakai dan tampilan aplikasi tersebut. Pengumuman OOO mengatakan bahwa Calc 3.0 akan memiliki fitur linear optimization solver, tampilan baru yang lebih menarik, jumlah kolom yang lebih banyak dan lebih lagi.


Impress 3.0 yang menjadi saingan PowerPoint juga akan mendapat fitur baru dalam bentuk pembuatan tabel secara langsung dalam aplikasi presentasi tersebut.


Terlebih lagi, seluruh aplikasi OOO 3.0 akan dapat membuka dan mengubah dokumen berbasis XML yang dihasilkan Microsoft Office 2007 (docx, xlsx, pptx).

Sejauh ini, OOO yang disponsori Sun tetap merupakan pilihan kedua, hanya dipakai oleh para antusias open source atau mereka yang tidak bersedia membayar mahal untuk aplikasi seperti Office. Diharapkan versi 3 ini akan lebih mempopulerkan aplikasi ini.

Tags: Berjanji, Internet, Komputer, Microsoft, Office, OpenOffice

1 komentar: